Kajian Tauhiid Masjid DT Jakarta: Kunci Dimudahkannya Segala Urusan

Share

Jakarta – Alhamdulillah Kajian Tauhiid bersama KH. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) telah dilaksanakan di Masjid Daarut Tauhiid Jakarta pada Senin 18 September 2023. Pada kajian siang itu, Aa Gym membahas tentang kunci agar dimudahkan segala urusan.

Dalam kehidupan di dunia, Manusia pasti menemukan ujian atau masalah dalam hidupnya. Dalam konsep penciptaannya, manusia tidak dirancang untuk menyelesaikan masalah, namun manusia hanya diperintahkan untuk bertakwa. Untuk jadi ahli takwa jadilah hamba yang bersyukur. Jika mau dihitung, setiap hal yang terjadi dalam hidup kita lebih banyak hal yang patut disyukuri daripada yang kita anggap sebagai musibah.

Tidak ada kebaikan kecuali berbalas kebaikan, terserah Allah ingin memberikan balasan dalam bentuk apa. Husnudzon (berbaik sangka) dan terus saja berbuat baik. Jika kamu berbuat baik, kebaikan untuk dirimu sendiri dan keburukan yang kau lakukan akan kembali padamu, sebagaimana firman Allah.

Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri dan jika kamu berbuat jahat, maka (kejahatan) itu bagi dirimu sendiri. (QS. Al Isro’: 7)

Punya keinginan tentu boleh saja, tapi jadikan itu sebagai amal sholeh dengan ikhtiar dan tidak menuhankan ikhtiar. Cara yang paling tepat untuk mendatangkan yang belum ada adalah dengan bersyukur.

Dalam segala hal yang Allah takdirkan pasti ada kebaikan di dalamnya. Ujian itu bagian dari nikmat, dengan ujian bisa menjadi jalan bertambah kemuliaan bahkan bertambah kedekatan kepada Allah.

Salah satu ciri orang yang bertakwa adalah ridho akan takdir Allah. Karena ia yakin Allah Maha Baik pasti akan memberikan yang terbaik. Segala takdir Allah pasti baik walau tidak sesuai dengan keinginan kita. Tidak sekejap pun Allah dzalim kepada hamba-Nya, sekalipun hambanya tidak taat pada-Nya. Allah Yang Maha Baik, yang lebih menginginkan kebaikan untuk kita daripada diri kita sendiri.

Tidak ada suatu musibah pun yang menimpa seseorang kecuali dengan ijin Allah; dan barangsiapa yang beriman kepada Allah niscaya Dia akan memberi petunjuk kepada hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu. (QS. At Taghabun: 11)

Jika kita ridho pada takdir Allah, selain hati menjadi tenang, pahala pun didapat. Namun jika kita tidak ridho pada takdir Allah, hati menjadi sempit dan mendapatkan dosa.

Makin kuat iman seseorang, makin baik dalam segala hal dan makin dicintai Allah. Bersemangatlah dalam hal yang bermanfaat bagimu, agar menjadi amal sholeh dalam berikhtiar. Bersamaan dengan itu berdoa memohon kepada Allah. (Iyiz_DKMDTJkt)

X
× Tanya Admin